Selfie Saat Gerhana Matahari

SELFIE SAAT GERHANA MATAHARI -- Gerhana matahari yang merupakan fenomena langka menjadi daya tarik banyak orang. Tidak hanya ilmuwan dan para peneliti saja yang berduyun-duyun untuk melihat Gerhana matahari ini, tetapi juga para wisatawan. Jumlah kunjungan ke beberapa wilayah yang terkena Gerhana Matahari total meningkat tajam. Hal menarik dari gerhana ini salah satunya adalah Selfie di saat Gerhana Matahari. Nah amankan berfoto selfie saat gerhana matahari ini?


 Banyak yang mengatakan bahwa matahari saat gerhana bisa menimbulkan kebutaan mata. Nah Bagaimana dengan selfie saat gerhana matahari?  Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa melihat gerhana matahari total dapat menimbulkan kebutaan merupakan mitos modern. Yang benar adalah cahaya Matahari sehari-hari dan ketika gerhana sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat Matahari secara langsung karena dapat membahayakan mata, yaitu retina bisa rusak.

Yang perlu diwaspadai saat gerhana matahari dan ingin melihat gerhana matahari adalah pada saat  fase total saat gerhana Matahari total terjadi, pupil mata membesar untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin karena suasana yang gelap. Tetapi ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari akan terang kembali dan saat itu yang membahayakan mata.

Bagaimana dengan Selfie saat Gerhana matahari? hampir sama dengan melihat gerhana matahari, selfie saat gerhana matahari juga bisa berbahaya. Yang penting diperhatikan jika ingin selfie saat gerhana matahari adalah dengan menggunakan kacamata khusus yang bisa mereduksi cahaya sampai 100.000 kali.

Pada dasarnya pada saat melihat matahari saat gerhana melalui layar kamera atau ponsel tidaklah berbahaya. Hanya saja jika saat selfie  dengan  melihat matahari dengan mata telanjang saat mengatur komposisi foto. Nah inilah yang menjadi resiko selfie saat gerhana matahari.

Jadi anda tetap bisa berfoto selfie saat gerhana matahari, hanya saja perlu berhati-hati dan jangan sampai lengah. Gerhana matahari total waktunya hanya terjadi beberapa menit saja, setelah itu matahari berdinar seperti sedia kala.

0 Response to " Selfie Saat Gerhana Matahari "

Post a Comment