Kopi Vietnam Kandungan Kafeinnya Tinggi

KOPI VIETNAM -- Kasus kematian Wayan Mirna Salimin alias Mirna (27) setelah minum kopi Vietnam menjadikan perbincangan Kopi Vietnam ramai di berbagai media. Kopi Vietnam yang sebelumnya tidak pernah terdengar di kalangan masyarakat umum menjadi ramai dibicarakan. Jika diteliti lebih jauh sebenarnya kopi Vietnam merupakan jenis kopi Robusta, yang memiliki kadar kafein yang tinggi.

Pakar kopi Adi W Taroepratjeka menuturkan bahwa kadar kafein dari kopi jenis Robusta  lebih tinggi dibandingkan dengan kopi jenis Arabica. Dengan demikian kadar kafein kopi vietnam lebih tinggi dibandingkan kopi jenis lain.

Lantas apakah kopi Vietnam ini berbahaya jika diminum? Meski memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi pada dasarnya kopi Vietnam ini tidak akan menimbulkan kematian. Setiap orang akan merasakan efek yang berbeda-beda setelah meminum kopi vietnam ini tergantung pada kondisi individu.

Mengkonsumsi kopi termasuk kopi vietnam ini biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung. Menurut Spesialis Jantung RS Bunda, Dr. Dicky Armein Hanafy, pada dasarnya kafein sendiri merupakan sebuah stimulan.

Sedangkan Spesialis Jantung Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr. Siska S. Danny, SpJP, menyebutkan bahwa kopi dapat menginduksi gangguan irama jantung, namun hal tersebut jarang sekali ditemui. "Kopi mungkin menginduksi gangguan irama jantung atau aritmia, namun umumnya aritmia ringan dan tidak menyebabkan kematian", jelasnya.

Mengkaitkan Kopi Vietnam dengan kematian Mirna mungkin sebuah kesimpulan yang terlalu dangkal. Karena pada dasarnya meski mengandung kafein tinggi, kopi Vietnam secara materi tidak menimbulkan kematian.

0 Response to " Kopi Vietnam Kandungan Kafeinnya Tinggi "

Post a Comment