Apa Itu Batu Akik Bacan

batu-akik-bacan
KHASIAT BATU AKIK BACAN -- Batu akik memiliki ragam jenis yang sangat banyak. Selain sebagai hiasan batu akik juga dipercaya memiliki nilai magis di dalamnya. Dari beragam jenis batu akik yang banyak dicari penggemar adalah batu Akik Bacan. Batu Akik Bacan sendiri merupakan Batu  akik yang berasal dari pulau di barat daya Halmahera, Maluku Utara, namun kini batu akik bacan ini cukup mudah ditemukan di berbagai penjual batu akik. Popularitas Batu akik bacan ini sekarang sedang meningkat karena dipercaya memiliki khasiat memberikan ketenangan bagi pemakainya. Harga Batu akik kini juga mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya popularitas batu akik.

Salah seorang penggemar batu akik dari Semarang, Chandra(54) menuturkan ia memang menyukai batu akik karena keindahan warnanya hingga nilai mistiknya. Mengenai Batu Akik Bacan ini, Chandra mengatakan “Saya lebih menyukai Bacan Hijau dan Fire Oval Oranye. Warna cerah dan kemurnian seratnya begitu indah. Rasanya tenang dan bahagia saat melihat batu cincin ini,” ungkapnya. Harga batu Bacan milik Chandra dibeli seharga seharga Rp 5 juta di Jakarta.

Menurut Chandra Batu akik sebenarnya bukan hanya sekedar perhiasan biasa. Secara pisikologis, cncin batu akik ini dapat dapat membawa aura positif bagi penggunanya. Hal tersebut yang membuat Chandra semakin gemar mengoleksi Batu akik dengan berbagai jenis seperti zamrud, kecubung, badar besi, safir, lavender, red baron, dan lain -lain.

Batu Akik  bacan sendiri menurut jenisnya terdapat dua jenis, yaitu batu akik bacan doko dan batu akik bacan palamea. Tetapi pada saat ini yang paling banyak dicari adalah batu bacan yang jenis doko. Dua macam jenis batu akik bacan tersebut memang memiliki manfaat dan juga warna yang berbeda.

Jenis Batu Akik Bacan

Batu akik Bacan yang sedang naik daun ini konon merupakan batu hidup karena dapat bermetamorfosis atau berubah dengan sendirinya . Seperti halnya tumbuhan yang bisa tumbuh besar, selain itu batu akik bacan ini mampu merubah warnanya yang awalnya hitam bisa menjadi hijau yang sangat mengagumkan.
Penyebab batu akik bacan bisa berubah-ubah karena Batu akik bacan memiliki inklusi atau serat batu yang banyak dan padan serta secara perlahan akan berubah menjadi lebih bersih (bening) dan mengkristal dalam waktu bisa dibilang cukup lama yaitu dengan hitungan tahun.

Selain itu batu akik bacan juga bisa menyerap senyawa yang dekat dengan batu tersebut, misalkan saja batu bacan anda dekatkan dengan sebutir emas, maka lama kelamaan jika kita perhatikan didalam batu bacan akan terdapat bintik bintik emas yang anda lekatkan tadi.

Seperti diutarakan di awal, Batu akik bacan terdiri atas dua jenis yaitu Batu akik Doko dan Palamea. Perbedaam dari kedua macam batu akik  tersebut adalah  Batu bacan doko biasanya dan kebanyakan berwarna hijau tua sedangkan batu bacan palamea memiliki warna hijau dan sedikit kebiruan.

0 Response to " Apa Itu Batu Akik Bacan "

Post a Comment