Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Murah

cara-mengecat-rumah
CARA MENGECAT RUMAH YANG MURAH -- Karena usia warna cat rumah perlahan akan mulai memudar bahkan menjadi kusam. Karena itu perlu Mengecat rumah secara periodik dalam waktu tertentu untuk membuat cat rumah cerah kembali. Untuk menghasilkan cat rumah yang memiliki kualitas yang lebih bagus diperlukan biaya dan keahlian yang  lebih. Namun kita bisa Mengecat rumah dengan biaya yang murah dan berkualitas. Biasanya kalau kita membeli cat dengan harga murah, kualitas cat menjadi kurang bagus dan berkualitas.

Cat yang kurang berkualitas rendah biasanya hasilnya kurang kuat, mudah mengelupas, mudah menggelembung, meninggalkan noda putih saat lengan kita menyenggolnya, apabila kotor kita bersihkan catnya cepat tipis dan menghilang.

Tips Mengecat Rumah Dengan Harga Murah

Untuk Mengecat rumah dengan harga yang murah memerlukan trik-trik tertentu. Hal ini untuk mengkombinasikan cat yang harganya murah namun memiliki kualitas yang maksimal. Berikut ini ada beberapa tips Mengecat Rumah dengan Harga Murah dan kualitas bagus:

1. Membuat oplosan cat dinding
Langkah Mengecat Rumah dengan Harga Murah, langkah pertama adalah membuat oplosat cat sendiri.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat oplosan cat dinding:
  •  Cat dinding yang harganya murah (warna dan merek terserah keinginan anda) 1galon (+ 5kg).
  •  Lem plamir (lem putih PVAC) 2kg, untuk 1galon cat
  • Timba atau galon kosong untuk mencampur
  • Alat pengaduk
Cara Mengoplos Cat Dinding
  • Cairkan lem plamir dengan air dan aduk sampai lem encer.
  • Tuangkan kedalam Cat dinding yang sudah dituangkan ke timba/galon kosong  secara sedikit demi sedikit aduk secara merata.
  • Cat dinding siap digunakan
    Kalau anda ingin menyimpan cat dinding  tersebut, usahakan agar dalam kondisi murni belum tercampur air dan galon dalam kondisi tertutup rapat, sebab air dapat merusak bau dan kondisi cat apabila disimpan dalam waktu yang agak lama.

    Jika anda ingin mengecat, campurkan Lem plamir yang telah diencerkan ke dalam campuran cat dinding tadi (lem plamir encer sebagai bahan pengencer cat) kedalam wadah lain.

Sebelum dicat pastikan dulu kualitas plamir anda dan kualitas dinding yang akan dicat, kalaupun ada permasalahan karena bekas bocoran, anda harus menambalnya dulu.

2. Langkah Pengecatan Dinding
 Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Cat dinding hasil Campuran kita
  • Kertas Gosok
  • Hand brush
  • Kertas koran dan lakban (untuk penutup)
  •  Spons dan dan detergent pembersih
  • Kuas cat ukuran 3dim 1 pcs dan Roller bar
  • Tempat untuk cat dinding
  • Alat pengaduk

Langkah Pengecatan

  • Bersihkan Dinding. Langkah pertama, bersihkan tembok terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan. Membersihkan tembok bisa membuat kotoran, debu, minyak, atau noda hilang sehingga hasil maksimal bisa Anda dapatkan. Untuk membersihkan dinding, bisa menggunakan spons yang sedikit dibasahkan campuran air dan deterjen. Kalau ada noda yang agak sulit berantas, Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu agak kasar.
  • Lindungi permukaan bingkai jendela dan Pintu.Pastikan untuk melindungi bagian yang tidak ingin Anda cat dengan kertas koran bekas atau lakban. Seperti dinding dekat bingkai jendela, kusen, bagian bawah dinding dekat lantai, bahkan lantai sekalipun. Gunanya adalah ketika pengecatan selesai Anda bisa dengan mudah mengelupaskan kertas koran atau lakban yang ditempel, tanpa meninggalkan noda cat di mana-mana.
  •  Ampelas dan gunakan cat dasar. Melakukan pengampelasan sebelum pengecatan bisa saja Anda lakukan, hal ini berguna untuk menghilangkan warna yang telah dipulaskan sebelumnya, dan untuk mendapatkan hasil warna dinding yang rata.  Begitu pula dengan pengecatan warna dasar (putih), memang kebanyakan orang menganggap pengecatan warna dasar tidak perlu dilakukan lantaran dari segi biaya dan kemubaziran. Tetapi warna dasar bisa sangat membantu warna yang Anda aplikasikan sesudahnya, sehingga hasil finishing bisa terlihat maksimal apalagi dengan cat yang murah tapi dengan kualitas yang bagus seperti diatas.
    Cat di bagian yang sulit. Mulai terlebih dahulu bagian yang sulit dijangkau dengan alat roller bar, seperti sudut antara dinding dan lantai, dekat bingkai jendela, dekat kusen, dan lengkungan lainnya. Dengan begitu, hasil cat akan terlihat lebih rapih, dan tidak ada cemoreng cat di bagian yang tidak diinginkan.
  
Gunakan tehnik W. Untuk efisiensi, mulailah pengecatan dari sudut tembok dan buat huruf W tanpa mengangkat roller bar. Per tiga kaki, atau sekira 91 cm (1 kaki, 30.48 cm) dari sudut yang sama, mulai dari atas sampai dengan bawah dinding. Ketika sudah terisi, kini Anda bisa puaskan cat keseluruh dinding dengan panduan garis W tadi. Anda juga bisa melihat ketebalan yang dihasilkan melalui percobaan tersebut, dan melihat warna cat ketika kering.
  
Cat bekas perekat dan kertas koran. Lepaskan perekat yang melindungi dinding dekat bingkai jendela atau kusen, kemudian  lakukan pengecatan dengan menggunakan kuas ukuran sekita tujuh senti. Cat perlahan dan hati-hati supaya tidak mencoreng kayu bingkai.

Mengecat dinding rumah bisa dilakukan sendiri di waktu senggang atau di waktu libur. Dengan Mengecat dinding rumah sendiri kita bisa menghemat biaya, selain itu mengecat dinding rumah sendiri akan bisa mengekspresikan keinginan sendiri. Hasil Mengecat Rumah sendiri akan memberikan kepuasan tersendiri dan membuat kita betah di dalam rumah.(#tipsrawatrumah)

1 Response to " Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Murah "

  1. terima kasih nanti abis ini langsung coba praktekin dirumah ngecat tembok dengan langkah" yang udah di sebutkan di atas

    ReplyDelete