Cara Menghilangkan Jerawat

cara-menghilangkan-jerawat
CARA MENGHILANGKAN JERAWAT -- Jerawat merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh kelangan remaja. Hampir setiap remaja akan mengalami masalah jerawat ini dan akan hilang seiring bertambahnya usia. Permasalahan jerawat memang berkaitan dengan hormon yang jumlahnya berlebih saat remaja. Meski kerap datang, namun jerawat bisa diminimalkan atau dapat dihilangkan. Ada berbagai cara dalam menghilangkan jerawat dari cara menghilangkan jerawat secara alami, menghilangkan jerawat dengan  menggunakan obat kimia serta meminta bantuan dokter untuk mengobati jerawat.

Dalam mengobati Jerawat dengan bahan kimia atau obat-obatan perlu diwaspadai, karena obat yang tidak cocok justru merusak kulit dan tidak menghilangkan jerawat. Dalam beberapa kasus  obat jerawat berbahan bahan kimia yang digunakan malah memperparah jerawat sehingga menimbulkan bercak pada wajah yang makin parah.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Sebelum melangkah pada cara mengobati jerawat, penting untuk diketahui apa yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Jerawat pada wajah disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
1. Jerawat karena produksi minyak pada wajah yang berlebihan
2. Sel-sel kulit yang mati
3. Jerawat karena Bakteri
4. Jerawat Karena Kosmetik yang tidak cocok
5. Obat-obatan yang memicu timbulnya jerawat
5. Stres Pada penderita Jerawat
6. Kotoran menempel pada wajah karena benda-benda tertentu, misalnya telepon genggam

Nah beberapa faktor di atas bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah remaja. Untuk menghilangkan jerawat pada wajah, bisa dilakukan pencegahan dan pengobatan. Langkah pencegahan adalah dengan meminimalkan faktor-faktor penyebab jerawat. Namun jika sudah terjadi, Jerawat harus diobati atau menghilangkan jerawat tersebut.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Seperti diutarakan di atas, timbulnya jerawat bisa dicegah dengan meminimalkan faktor-faktor yang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mencegah timbulnya jerawat:

  • Rutin mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air sehingga dapat meminimalisir produksi minyak.
  • Minum air putih secukupnya untuk meredakan jerawat dari dalam tubuh serta untuk menjaga kelembabab dan kesehatan kulit.
  • Hindari makanan yang berminyak.
  • Hindari sugary and iodized foods, kopi juga minuman berkarbonisasi.
  • Hindari pemakaian kosmetika rias saat tidur.
  • Hindari kosmetik yang berbahan dasar minyak.
  • Hindari kosmetik berat yang justru makin menutup pori-pori.
  • Menjaga rambut agar selalu bersih dan tidak menutupi wajah.
  • Rutin mencuci handuk, helmet dan bantal.
  • Bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi saat menelepon.
  • Menjaga kebersihan tangan dan segala sesuatu yang menyentuh wajah kita, seperti seprei, sarung bantal, kerudung,dan lain-lain sebagaimana di atas.
  • Kulit wajah harus selalu bersih saat istirahat di rumah.
  • Facial wajah secara rutin akan mempercepat penyembuhan jerawat. Facial wajah rutin setiap 2 minggu sekali. Pakailah produk facial yang sudah terdaftar di badan pom. Keliru memilih produk facial malah bisa membuat jerawat tambah parah.
  • Cuci muka dengan air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air ledeng di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi.
  • Cuci muka dengan sabun khusus cukup 2x/hari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jangan terlalu sering karena justru bisa menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit. Kebutuhan pembersih bagi kulit kering berbeda dengan kulit berminyak atau kulit normal, demikian juga sebaliknya.
  • Membersihkan wajah pada sore hari berbeda dengan pada pagi hari.
  • Jangan memecahkan jerawat dan jangan sering di sentuh.
  • Menjauhi stress dan selalu rileks.
  • Rajin berolahraga secukupnya, namun jangan berlebihan.
  • Mengkonsumsi bahan-bahan herbal semisal Habbatussauda serta madu.

Cara Menghilangkan Jerawat

Jika dengan cara pencegahan jerawat di atas , wajah anda masih muncul jerawat, atau tidak telaten dengan pencegahan jerawat tersebut, mau tidak mau kita harus melakukan pengobatan atau menghilangkan jerawat dengan obat.  Obat kimia lebih bagus jika dikonsultasikan dengan dokter atau membeli obat jerawat di apotek yang cocok.

Pengobatan Jerawat dengan obat bisa dilakukan dari luar maupun dari dalam. Pengobatan jerawat dari luar adalah dengan mengoleskan krim anti jerawat atau masker yang terbuat dari bahan alami semisal madu, bengkuang, alpukat atau selainnya.

Pengobatan jerawat dari dalamdilakukan melalui pengobatan dalam (oral, atau diminum). Terapi ini membutuhkan resep antibiotik sistemik terutama untuk pengobatan masalah jerawat yang kondisinya telah parah. Sayangnya, obat itu memiliki beberapa efek samping serius yang dapat mempengaruhi tubuh, sehingga sangat penting berkonsultasi dengan dokter jika ingin melakukan jenis pengobatan ini.

Menghilangkan Jerawat Dengan Cara Alami

Cara alami menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang ada di sekitar kita. Beberapa contoh Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami adalah sebagai berikut:

Daun Pepaya:

    Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dan jemur.
    Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
    Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.


Putih Telur

    Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya
    Kocok dan oleskan ke wajah
    Diamkan selama 15 menit
    Bilas dengan air


Lobak:

    Cucilah lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut. Ambil airnya.
    Tambahkan cuka apel sedikit dan aduk hingga rata.
    Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mengering.
    Setelah kering, bersihkan dengan air.
    Lakukan secara rutin, hingga jerawat teratasi.


Tomat:

    Iris tipis tomat matang, jadikan masker.
    Atau hangatkan 1 sendok madu di atas api, jadikan masker.
    Atau belah tomat menjadi dua,kemudian di usap-usapkan ke wajah yang berjerawat. Diamkan sampai 1 jam kemudian bilas sampai bersih.
    Lakukan dengan teratur.


Jeruk nipis:

    Campurkan jus/perasan lemon dengan air mawar
    Oleskan pada wajah
    Biarkan sekitar 15 menit.
    Bilas dengan air hangat
    Lakukan dengan rutin selama kurang lebih 15 hari dan lihat hasilnya.


Bawang Putih

    Tumbuk atau diiris bawang putih
    Usapkan pada wajah yang berjerawat,
    Tunggu hingga beberapa menit
    Bilas sampai bersih

Penyakit jerawat memang menyebalkan, karena akan mengganggu penampilan wajah. Wajah cantik dan ganteng akan rusak karena jerawat membandel ini. Karena itu diperlukan langkah menghilangkan jerawat yang tepat. Menghilangkan jerawat yang tepat adalah dengan mengetahui penyebab, pola hidup sehat dan bersih serta memberikan pengobatan yang aman.(#nosakit)

0 Response to " Cara Menghilangkan Jerawat "

Post a Comment