Cara Merawat Rambut

cara-merawat-rambut
CARA MERAWAT RAMBUT -- Bagi kaum wanita Rambut Adalah mahkota yang menjadi simbol kecantikan. Rambut yang indah dan berkilau akan membuat wanita tampil lebih cantik dan percaya diri. Untuk bisa memiliki rambut indah, menawan serta hitam berkilau perlu dilakukan perawatan terhadap rambut. Rambut yang indah memerlukan Cara Perawatan Rambut Yang benar dan tepat. Cara merawat rambut yang benar harus disesuaikan dengan jenis rambut, jenis kulit kepala dan juga aktivitas sehar-hari. Misalnya saja merawat terhadap rambut wanita yang bekerja di dalam ruangan dengan di luar ruangan memerlukan perawatan yang sedikit berbeda.

Pada umumnya ada beberapa problem pada rambut yang sering dialami oleh kaum wanita. Beberapa masalah rambut antara lain rambut berketombe, masalah rambut rontok, masalah rambut bercabang dan keinginan agar rambut cepat panjang dan indah.

Untuk menghasilkan rambut yang indah dan sehat bisa dilakukan perawatan secara mandiri atau menggunakan jasa salon rambut. Merawat rambut secara mandiri bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang benar-benar terjamin keamanannya.

Beberapa Cara Merawat Rambut

Cara merawat rambut agar tampil lebih indah dan sehat memerlukan berbagai cara yang berbeda, tergantung problem yang dialami. Beberapa problem pada rambut telah diutarakan di awal. Berikut ini beberapa Cara Merawat rambut untuk masing-masing masalah rambut.

1. Cara Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang

Sebelum kita melakukan perawatan terhadap rambut yang bercabang, perlu diketahui penyebab mengapa rambut bercabang. Rambut bercabang biasanya disebabkan karena banyaknya proses kimia yang telah kita lakukan terhadap rambut. Misalnya saja  proses pewarnaan, biasanya hal ini mengakibatkan kondisi rambut yang kusam, kering, dan bercabang. Keadaan ini menjadi sangat tidak nyaman terlebih saat Anda merasakan tekstur rambut yang cenderung kering akibat banyaknya cabang.

Berikut ini adalah  beberapa cara merawat rambut bercabang dengan  tidak perlu memotong rambut kesayangan Anda.
  • Hindari pemakaian sisir rapat.
  • Hindari juga pemakaian alat pemanas untuk rambut, seperti misalnya penggunaan hair dryer dan catok rambut.
  • Tidak menggosok rambut pada saat keramas, atau setelah keramas. Gunakan jari dengan pelan untuk merapikannya, biarkan kering secara alami, dan gunakan sisir dengan kerapatan yang renggang.
  • Rambut bercabang juga bisa diterapi dengan pemakaian kondisioner setelah keramas secara teratur.
Kondisioner memiliki kandungan pelembab yang tinggi sehingga akan sangat baik untuk memperbaiki kondisi rambut yang kering dan kusam.
  • Sering-seringlah mengkonsumsi buah segar dan banyak air mineral, karena kandungan vitamin A, C, dan E nya berguna untuk menjaga keadaan rambut agar tetap sehat.
  • Potonglah ujung rambut setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk menghilangkan ujung rambut yang telah tua, agar terhindar dari masalah rambut bercabang.

2. Cara Merawat Rambut Agar Tidak Rontok

Problem lain yang sering dihadapi wanita adalah kerontokan pada rambut. Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh penggunaan bahan-bahan kimia seperti rambut bercabang.  Agar rambut tidak rontok karena bahan kimia, mulai beralihlah perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami.

Gunakan manfaat lendir aloevera atau lidah buaya untuk memijat bagian kulit kepala. Biarkan meresap kira-kira 15 menit, lalu bilaslah dengan air bersih. Kandungan vitamin alami yang dimiliki lidah buaya dipercaya memulihkan kekuatan akar dan batang rambut sehingga menghindarkan Anda dari kerontokan.

Selain menggunakan lidah buaya, Anda juga dapat menggunakan aneka minyak alami seperti misalnya minyak zaitun dan minyak kelapa yang dipanaskan. Pijatlah bagian kulit kepala dengan minyak alami ini, tutup dengan handuk atau shower cap, lalu biarkan selama kurang lebih satu jam. Proses pemanasan minyak berguna untuk mengaktifkan kandungan vitaminnya sehingga akan lebih efektif menjaga kekuatan rambut Anda.

3. Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang

Ada kalanya wanita ingin memili rambut yang panjang dengan lebih cepat. Namun pada dasarnya pertumbuhan rambut memiliki waktu dan panjang yang sudah tertentu. Seperti halnya tanaman , rambut dapat tumbuh lebih cepat dengan memberikan nutrisi yang cukup dan baik.

Cara merawat rambut agar cepat panjang adalah  sebagai berikut:
  • Dengan memakan makanan sehat dengan tingkat protein yang tinggi.
  • Konsumsilah telur, susu, dan aneka olahan daging, dengan didampingi jenis makanan yang kaya akan kandungan biotin.
  • Rajinlah untuk memijat kulit kepala dengan lembut.
Pemijatan rutin ini akan berguna untuk melancarkan peredaran sel-sel darah, sehingga membuat berbagai zat yang Anda gunakan untuk perawatan rambut mudah diterima dan meresap, sehingga pertumbuhan rambut akan terangsang lebih cepat.
  • Hindari proses pemanasan rambut dengan berbagai alat kecantikan elektronik, dan hindari keramas setiap hari, karena hanya akan menghilangkan kelembaban alami rambut, sehingga nantinya akan menyebabkan kerontokan.

Nah problem pada rambut memang sangat menyebalkan. Alih-alih ingin tampil menarik , penggunaan beberapa bahan kimia justru merusak keindahan rambut. Karena itu mulailah Merawat Rambut dengan Benar. Cara Merawat Rambut dengan benar tidak harus mahal, bisa dilakukan sendiri dan menggunakan bahan alami.(#aylacream).

1 Response to " Cara Merawat Rambut "

  1. Terima Kasih atas Cara Merawat rambutnya dan Tips cara mencerahkan kulitnya Menambah Tips Cara Sederhana Murah Agar Kulit Cantik dan Sehat..

    ReplyDelete