Ini Penyebab Ayam Kerdil

PENYEBAB AYAM KERDIL — Lambatnya pertumbuhan ayam atau kerdil pada ayam tidak hanya membuat gundah para peternak tetapi juga kerugian yang bakal diderita. Bagi ayam pedaging ayam kerdil akan sulit untuk diharapkan memperoleh keuntungan dari ternak ayam. Jangankan untuk untung, untuk menutup harga pakan saja tidak akan cukup. Makanan akan tersedot namun ayam tidak kunjung besar. Prinsipnya sama saja, untuk ayam pedaging, ayam kampung atau ayam petelur, penyakir kerdil Ayam akan merugikan peternak.



Penyebab Ayam Kerdil

Penyebab Kerdil Ayam bisa terjadi karena berbagai macam sebab antara lain: Bibit ayam berasal dari telur ayam parent stock yang produksi di bawah umur 25 minggu, masuknya virus Reo, kasus malnutrisi, dan karena proses brooding yang salah. Hal tersebut diungkapkan oleh Drh Setyono Al Yoyok , yang memiliki pengalaman dalam bidang peternakan selama lebih 20 tahun.

1. Kerdil Ayam Karena bibit ayam berasal dari telur ayam parent stock produksi di bawah umur 25 minggu.
Idealnya bibit ayam yang akan dipelihara berasal dari indukan atau parent stock berusia di atas 25 minggu. Pada usia tersebut ayam memilikialat produksinya yang sudah matang dan selanjutnya telur tetas hasilnya bisa dimasukkan hatchery atau penetasan. Sebaliknya telur dari indukan di bawah 25 minggu ini berkualitas kurang dan beresiko kasus kekerdilan tinggi.

2. Terkena Birus Reo
Virus Reo yang masuk pada bibit ayam akan mengakibatkan Ayam menjadi kerdil dan sulit tumbuh menjadi besar. Selain Virus Reo, penyebab kerdil Ayam bisa disebabkan oleh Virus Marek.

3. Ayam Kerdil Karena Malnutrisi
Ayam kerdil bisa disebabkan oleh malnutrisi. Malnutrisi bisa disebabkan kualitas pakan ayam yang rendah, pakan sudah kadaluwarsa atau karena kualitas pakan yang tidak sesuai dengan umur ayam.

4. Kerdil Ayam karena proses brooding atau pemanasan pengindukan buatan yang salah.
Proses brooding pada anak ayam sangat menentukan pertumbuhan selanjutnya. Proses brooding yang salah mengakibatkan energi yang dihasilkan dengan konsumsi pakan untuk pertumbuhan beralih digunakan untuk mengatasi stres, seperti stres dingin.

Mencegah Kerdil Pada Ayam

Untuk Kerdil pada ayam berasal dari sumber bibitnya ,bisa dicegah dengan meminimalisir adanya DOC yang bermasalah ini. Semenjak DOC harus memperhatikan faktor hiegenitas dan sterilitas, maka sumber DOC yaitu hatchery atau penetasan harus terjaga biosecuritynya terhadap penyakit supaya tidak masuk.

Cek benar-benar DOC yang baru masuk dari pembibitan, perhatikan apakah ada DOC yang terseksan loyo dan tidak sehat. Jika memang ditemukan banyak DOC yang tidak sehat, bisa komplain kepada pembibitan ayam, agar diganti atau kelak di kemudian hari tidak didapati cicit ayam yang bermasalah. DOC yang tidak bagus diberi asupan apa-apa juga di-support dengan pakan bagus pun tidak akan signifikan bisa memperbaiki tubuh. Karena itu segera afkit bibit yang tidak bagus.

Membeli DOC dari Indukannya harus dari ayam berumur lebih dari 25 minggu, diperhatikan juga proses kebersihan hatchery, vaksinasi, dan selanjutnya lari ke pembesaran, budidayanya. Kebersihan kandang, kualitas litter dan sebagainya harus ketat.

Itulah beberapa penyebab kerdil pada Ayam dan cara pencegahan kerdil ayam. Ayam Kerdil masih menjadi momok bagi peternak. Namun Dengan perhatian dan seleksi yang ketat, penyakit kerdil ayam tidak akan menjangkit. Peternak tidak akan rugi karena pertumbuhan ayam yang kerdil.(#infovet).

0 Response to " Ini Penyebab Ayam Kerdil "

Post a Comment