Tanda-Tanda Komputer Terkena Virus Ransomware WannaCry

TANDA-TANDA KOMPUTER TERINFEKSI VIRUS RANSOMWARE WANNACRY -- Serangan cyber yang disebabkan oleh Virus Ransomware  WannaCry telah membuat kepanikan dunia IT. Tidak hanya Indonesia, ada berpuluh negara telah terkena serangan Virus Ransomware  WannaCry secara massif. Akibat dari serangan Virus Ransomware  WannaCry membuat lumpuh berbagai layanan publik, instansi pemerintahan dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri dua rumah sakit besar dilaporkan terkena inveksi Virus Ransomware  WannaCry  yaitu Dharmais dan Harapan Kita. Kedua Rumah sakit tersebut mengalami gangguan virus yang menyebabkan data-data tidak bisa diakses.

Tanda Bahwa komputer sudah terinfeksi Virus Ransomware cukup beragam. Namun yang paling mudah dilihat dari tanda serangan virus Ransomware adalah adalah munculnya pop-up window yang berisi pesan bahwa data pemilik komputer telah dienkripsi.

Dalam Jendela tersebut juga menampilkan informasi bagaimana mengembalikan data dan cara membayar uang tebusan untuk pembuat WannaCry. Pembayaran uang tebusan menggunakan Bitcoin. Pada layar tersebut juga muncul tampilan hitung mundur batas waktu pembayaran uang tebusan dan tenggat waktu penghapusan dokumen jika tebusan tidak dibayar.

Prompt dan notifikasi tersebut bahkan ada versi bahasa Indonesia karena WannaCry bersifat multi-lingual untuk menyasar korban di berbagai negara. Ada lebih dari 25 bahasa yang bisa ditampilkan oleh Ransomware ini.
Setelah itu, wallpaper Windows yang terjangkit akan diganti oleh sang virus dengan tulisan berjudul "Ooops, your important files are encrypted” dengan latar belakang hitam.
Setelah itu, data yang tersimpan di komputer yang terinfeksi tidak dapat diakses. Bahkan sekadar untuk melihat atau membaca isinya, bukan mengubah datanya.

Untuk mengatasi Virus Ransomware  WannaCry  memang belum ditemukan solusi manjurnya. Meski beredar di media social password yang bisa dipakai untuk membuka enskripsinya, namun belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Mencegah Virus Ransomware  WannaCry

Meski belum ada cara untuk menanggulangi serangan Virus Ransomware  WannaCry , kominfo dan juga ID-SIRTI telah merilih cara -cara mencegah Virus Ransomware  WannaCry . Berikut ini langkah-langah mencegah Virus Ransomware  WannaCry  :
  • Update Windows sobat dengan menggunakan Windows Updater.
  • Block port 139, 445 dan 3389 (TCP dan UDP).
  • Buka Control Panel, pilih System and Security, pillih Windows Firewall.
  • Pilih Advanced Settings, pilih Inbound Rules (pada sisi kiri).
  • Lihat pada sisi kanana Inbound Rules dan pilih rule baru.
  • Pilih Port.
  • Pilih TCP terus masukkan port 139, 445, 3389 > Next > Block > Centang ketiga opsinya > Terus beri nama misal "139, 445, 3389, WannaCry TCP".
  • Pilih Rule baru > Next > Port.
  • Pilih UDP
  • Masukkan port 139, 445, 3389 lagi > Next > Block > Centang ketiga opsinya > Terus beri nama misal "139, 445, 3389, WannaCry TCP".
  • Matikan fitur SMB V1 yang ada pada Windows.


0 Response to " Tanda-Tanda Komputer Terkena Virus Ransomware WannaCry "

Post a Comment