Inilah Cara Berjualan Melalui Social Media

cara-berjualan-di-social-media
CARA BERJUALAN MELALUI SOCIAL MEDIA -- Social media atau media sosial seperti Facebook,twitter,Youtube,dan lain sebagainya rasanya sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sekarang. Sebagian  masyarakat Indonesia mengenal Internet justru karena awalnya tertarik pada social media ini. Merebaknya penggunaan Social media mendorong pertumbuhan bisnis melalui media ini. Banyak orang yang telah sukses berjualan melalui social media. Perusahaan besar yang sudah eksis dalam bisnis juga menggunakan social mesia untuk berjualan dan berinteraksi dengan pelanggannya. Bagi usaha kecil berjualan melalui social media adalah saluran yang efektif dan efisien.

Apa Yang dilakukan Orang Pada Social Media

Jika memang Social media bisa menjadi media yang efektif untuk berjualan, bagaimana cara untuk berjualan  melalui social media? Sebelum melangkah ke jawaban dari pertanyaan bagaimana cara berjualan di Social Media, kita perlu tahu apa saja yang dilakukan orang pada social media? Berikut ini beberapa hal yang sering dilakukan orang pada social Media:

  -  Membaca status atau melihat foto teman
   - Mengupdate profile
   - Memasukan foto atau video
   - Membuat rekomendasi
   - Memberikan komentar di status atau foto teman
   - Mengikuti kuis atau polling
  -  Main game

Itu adalah beberara habit atau kebiasaan yang dilakukan orang pada social media. Nah agar produk yang akan kita jual pada social media itu laris dan efektif, kita harus bisa menempatkan produk di status orang. Orang akan lebih percaya akan suatu produk yang direkomendasikan oleh teman dibandingkan iklan.

Bagaimana Cara Berjualan Melalui Social Media

Bagi Merek atau perusahaan besar mungkin social media menjadi pengungkit penjualan, karena reputasinya sudah cukup dikenal. Namun bagi perusahaan atau merek kecil tentu harus bisa membuat konsumen percaya pada produk anda. Karena faktor kepercayaan dan rekomendasi adalah lebih dijadikan alasan keputusan untuk membeli sebuah produk maka bagi anda yang memiliki produk yang belum dikenal perlu menjadikan produk anda layak dipercaya.  Berikut ini Cara meningkatkan penjualan produk anda melalui Social media:

1. Kenali & cintai produk/jasa Anda
Beberapa pertanyaan yang perlu anda ajukan sendiri untuk produk anda adalah :
Apakah produk/jasa anda merupakan pionir?
Apakah produk/jasa anda merupakan yang terbaik?
Apakah produk/jasa anda memiliki keunikan?
Apakah produk/jasa anda berkualitas?
Apakah produk/jasa anda mahal/murah?
Apakah produk/jasa anda cepat?

Dengan mengetahui produk/jasa kita, maka kita akan terlihat professional dimata calon konsumen/komsumen kita. Tentu kita pernah berhadapan dengan penjual yang kurang menguasai produknya sehingga kita menjadi kurang yakin akan produk tersebut, nah hal ini juga berlaku di social media.

2. Kenali produk/jasa pesaing
Jangan sampai kita hanya memperhatikan produk/jasa kita saja tanpa memperhatikan pesaing. Pesaing dapat membantu kita dalam penentuan harga produk/jasa kita, dengan memperhatikan pesaing kita dapat melakukan promosi yang lebih baik dari mereka, dll.
Dengan social media kita dapat dengan mudah memantau aktivitas pesaing.

3. Menentukan Target
Sebelum kita berjualan kita harus menentukan dahulu siapa target market kita, pria/wanita, tinggal di negara/kota mana, sehingga apa yang kita lakukan tepat pada sasaran. Dengan menggunakan facebook adverts kita dapat dengan mudah menjangkau target kita berdasarkan negara, kota, umur, jenis kelamin, bahasa, pendidikan, tempat kerja, dll.

4. Informasi yang lengkap
Pernahkah anda berkunjung ke suatu blog/facebook/twitter tetapi mereka tidak menyertakan email/nomor telpon/alamat yang lengkap? Jadi.. jangan lupa untuk memberikan informasi yang lengkap sehingga konsumen dapat dengan mudah menghubungi kita. Kita juga bisa memasang aplikasi yahoo messenger agar memudahkan konsumen untuk menghubungi kita. Selain informasi yang lengkap alangkah bijaksananya jika kita menempatkan informasi tersebut di tempat yang mudah dilihat, contoh di bagian samping kiri/kanan dalam blog kita. Informasi ini mencakup tentang produk/jasa kita juga tentunya.

5. Tampilan yang menarik
Ketika kita bertemu dengan seseorang tentunya kita akan lebih tertarik jika dia berpenampilan menarik, hal yang sama dengan tampilan social media kita, blog dapat kita buat enak dipandang, kita bisa menaruh profile picture dan landing page yang menarik di facebook, kita dapat mengganti background twitter kita, semua itu kita lakukan agar orang tertarik dan mau berkunjung ke tempat kita.

6. Brand Awareness
Bagaimana kita bisa menjual produk/jasa kita jika konsumen belum mengenal kita?
Jawabnya adalah: Witing Tresno Jalaran Soko Kulino (Cinta tumbuh karena terbiasa) semakin sering mereka terbiasa bertemu brand kita, maka akan tumbuh benih cinta kepada brand kita.
Pertama kita bisa melakukan kegiatan “Listening” yaitu mendengarkan/mengetahui apa yang dibicarakan orang di social media, mendengarkan keluhan mereka, Kedua kita bisa “Join the conversation” yakni ikut gabung dalam percakapan mereka, membantu menyelesaikan masalah mereka. Oh ya untuk melakukan listening kita bisa menggunakan icerocket.

Jangan langsung menjual produk/jasa kita di social media, jika kita melakukannya maka orang justru akan berpandangan jelek pada kita. Lakukan secara natural.

Social media adalah tempat orang bersosialisasi, dengan berkomunikasi sebagai manusia tentunya, bukan robot.

7. Fokus pada konsumen, membuat komunitas
Di social media kita harus menjaga hubungan yang erat dengan calon konsumen maupun konsumen kita dan membentuk komunitas, adapun caranya adalah sbb:

    Memberikan informasi yang bisa dipercaya/jujur
    Memberikan informasi yang update
    Memberikan informasi yang relevan
    Mendengarkan kebutuhan konsumen dan membantu mereka
    Memberikan ucapan terima kasih
    Memanusiakan konsumen

8. Merubah pengikut menjadi konsumen
Jika kita sudah melakukan hal diatas kita bisa merubah pengikut kita menjadi konsumen kita. Apakah semudah itu? Oh tentu tidak tentunya hal ini membutuhkan waktu.

9. Analisa
Apakah hasil yang sudah dicapai sudah sesuai dengan harapan/target anda?
Kita bisa melihat berapa jumlah pengikut kita, jumlah penjualan kita dll.
Alat yang dapat kita pergunakan untuk menganalisa antara lain: facebook insight (dapat dilihat di facebook page kita), tweetreach,  dan lain-lain.

Social media merupakan dunia baru yang memiliki jangkauan luas bagi penggunanya. Menggunakan Social media untuk berjualan sama saja membuat produk kita bisa menjangkau kawasan yang luas tidak terbatas. Dengan demikian kita bisa memaksimalkan potensi keuntungan yang tidak terbatas pula. Semoga Bermanfaat.(#marketing).


0 Response to " Inilah Cara Berjualan Melalui Social Media "

Post a Comment