Tips Mencegah Penuaan Dini Sejak Awal

MENCEGAH PENUAAN DINI -- Meski menjadi tua dan bertambah usia adalah sebuah keniscayaan, namun banyak orang takut menjadi lebih tua. Terlebih lagi itu berkaitan dengan penampilan dan penampakan wajah. Banyak orang yang nampak lebih tua dari usianya ada juga yang masih tampak muda dan segar dibandingkan dengan usia yang sebenarnya. Tanda penuaan biasanya dipengaruhi oleh kondisi kulit yang mulai mengerut dan tidak segar. Nah lantas apa yang harus dilakukan untuk mencegah penuaan dini?

Susie Rendra, Dokter spesialis kulit dan Kelamin RS Pondok Indah mengatakan bahwa penuaan pada kulit sudah dimulai sejak seseorang berusia  20-an tahun. Penuaan pada wajah seseorang ditandai dengan adanya kerutan, kulit kendur, pigmentasi, kulit kering dan kasar, kulit menipis, kehilangan kekenyalan, mudah memar, dan proses penyembuhan yang lebih lambat.

Meski yang terjadi dengan penuaan itu merupakan sesuatu yang tidak bisa dilawan, namun kita bisa melakukan upaya  antisipasi dan pencegahan dengan perawatan wajah semenjak dini.

 Sebelum kita melakukan upaya pencegahan penuaan dini, perlu diketahui terlebih dulu beberapa penyebab penuaan diri pada seseorang. Susie menjelaskan , penyebab penuaan pada kulit bisa datang dari luar dan dari dalam. Penyebab internal pengaruhnya sekitar 10 persen, sedangkan sisanya adalah faktor eksternal. Faktor eksternal yang mempengaruhi penuaan kulit antara lain paparan sinar matahari, stres, hingga gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, kurang tidur, mengonsumsi alkohol, serta gula.

Tanda-tanda awal yang muncul antara lain garis senyum yang semakin dalam dan mata yang turun. Oleh karena itu dia menyarankan agar melakukan pencegahan sejak dini agar proses penuaan tidak berjalan terlalu cepat.

Mencegah Penuaan Dini

Proses pencegahan penuaan dini bisa dimulai dengan memperhatikan beberapa hal. Paparan sinar matahari, misalnya, merupakan salah satu musuh utama kulit. Mereka yang bekerja di luar ruangan dengan yang bekerja di dalam ruangan akan terlihat sekali perbedaan kulitnya, terutama di usia 40-an. Untuk mencegah hal ini, Susie menyarankan agar selalu menggunakan tabir surya.

Lantas jenis tabir surya apa yang dibutuhkan? Saat ini sebenarnya sudah banyak beredar beragam produk tabir surya di pasaran, biasanya dibedakan berdasarkan jumlah SPF yang terkandung di dalamnya. Semakin tinggi SPF-nya, semakin lama durasi perlindungan yang ditawarkan.

Bagi mereka yang bekerja di dalam ruangan, Susie menyarankan agar menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 15. Adapun bagi yang bekerja di luar ruangan, minimal yang disarankan adalah SPF 30. Pemakaian tabir surya ini harus dilakukan secara konsisten dan berulang. Biasanya, tabir surya dengan SPF 15 hanya bertahan 2 jam. “Jadi dalam sehari harus dilakukan penggunaan tabir surya beberapa kali,” tambahnya.

0 Response to " Tips Mencegah Penuaan Dini Sejak Awal "

Post a Comment