Cara Menghemat Baterai Handphone

CARA MENGHEMAT BATERAI HANDPHONE -- Tidak bisa dipungkiri penggunaan telepon derdas semakin beragam. Tidak semata-mata sebagai alat komunikasi voice dan text saja, namun handphone kini sudah menjadi piranti canggih untuk apa saja. Aplikasi mobile pada smartphone semakin beragam yang mampu menunjang segala aktivitas dari sekedar hiburan maupun pekerjaan. Sayangnya masih banyak yang tidak bisa mengoptimalkan smartphone ini karena persoalan borosnya baterai handphone. Ya.. penggunaan Smartphone untuk berbagai macam aplikasi memang membutuhkan daya baterai yang besar. Namun jika daya baterai besar tidak cukup, anda perlu memikirkan cara bagaimana menghemat baterai handphone atau smartphone anda.

Selain faktor kapasitas daya baterai keawetan baterai handphone juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, misalnya saja aplikasi yang dijalankan, aktivitas yang dilakukan dan lain sebagainya. Karena itu untuk mensiasati agar baterai handphone bisa awet dapat dilakukan beberapa cara menghemat baterai handphone.

Cara Menghemat Baterai Handphone

Berikut ini adalah berbagai cara menghemat Baterai Handphone:
1.  Mengatur Kecerahan Layar
Faktor pertama yang dapat menguras daya baterai anda adalah kecerahan layar atau display brightness. Semakin cerah layar, maka semakin banyak daya yang dibutuhkan oleh perangkat anda. Hal ini pun dipengaruhi oleh besarnya dan tingginya resolusi layar. Meskipun terlihat menakjubkan, sebenarnya hal tersebut pun dapat memperpendek masa hidup baterai.
cara-menghemat-baterai-handphone
Mematikan Aplikasi Lokasi Bisa Menghemat Baterai Handphone


Untuk menanggulanginya dan memperpanjang masa hidup baterai, anda dapat mengurangi kecerahan pada display perangkat. Pengguna juga lebih baik menghindari penggunaan pengaturan kecerahan otomatis. Karena mode ini menggunakan sensor pada ponsel anda dan menjadikan sensor tersebut bekerja secara terus menerus, baterai pun akan terkuras. Lebih baik atur kecerahan display perangkat anda secara manual.

2. Non Aktifkan/Mode  Flight Saat Susah Sinyal
Tidak ada sinyal membuat daya ponsel anda lebih mudah habis. Hal ini disebabkan karena perangkat secara terus menerus mencari sinyal dan berusaha berkomunikasi dengan menara BTS.
Dalam keadaan seperti ini, ada baiknya untuk mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode pada perangkat anda. Mode ini akan menghentikan perangkat dari upaya pencarian sinyal dan akan menghemat daya baterai.

3.  Kurangi Bermain Games Atau Video Streamin Saat susah Sumber Listrik
Display dapat menguras daya baterai perangkat dan memperpendek masa hidupnya. Bahkan, daya yang lebih besar akan terkuras ketika anda bermain game atau menonton sebuah video beresolusi tinggi dengan metode streaming.
Jika Anda tidak akan bertemu dengan pengisi daya perangkat dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya Anda menyimpan daya baterai dengan tidak bermain game atau streaming video dalam waktu yang lama karena hal ini akan menguras daya baterai sebanyak 50 persen.

4. Matikan Layanan GPS Atau Penanda Lokasi Jika Tidak Diperlukan
Aplikasi seperti Foursquare dan Google Maps memerlukan layanan GPS pada perangkat agar dapat mendeteksi lokasi Anda. Karena layanan GPS membutuhkan koneksi data, maka fitur ini pun dapat menyedot daya baterai Anda lebih cepat. Untuk menghemat daya baterai, sebaiknya fitur GPS ini dinonaktifkan ketika tidak sedang digunakan.

Pada saat tertentu kita memang harus menghemat daya baterai kita, utamanya pada saat kita dalam perjalanan dan tidak memungkinkan untuk melakukan charge baterai handphone kita. Jika memang demikian keadaannya kita harus memikirkan cara menghemat baterai ponsel kita. Jika memang aplikasi-aplikasi tersebut tidak dibutuhkan kenapa tidak kita hemat batereai kita dengan mematikan service tersebut?(#inilah).

0 Response to " Cara Menghemat Baterai Handphone "

Post a Comment