Cara Mengatasi Kesemutan

mengatasi-kesemutan
CARA MENGATASI KESEMUTAN -- Kesemutan merupakan gangguan pada tubuh yang sering dialami oleh siapa saja. Bagian tubuh yang menderita kesemutan juga bervariasi, bisa tangan, kaki, jari-jari tangan, sebagian jari-jari, telapak tangan dan lain sebagainya. Lantas apa sebenarnya penyebab kesemutan itu dan bagaimana cara mengatasi kesemutan? Pertanyaan yang lazim ditanyakan orang awam mengenai cara mengatasi kesemutan ini. Mengingat kesemutan memang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sakit kesemutan memang mirip dengan dikerubuti semut dan menggigit seperti ditusuk-tusuk, sehingga mungkin inilah mengapa disebut kesemutan. Untuk mengatasi kesemutan ini secara detail dan pasti memang harus dicari penyebab yang sebenarnya dari kesemutan ini.

Beberapa Penyebab Kesemutan

Untuk mengetahui penyebab kesemutan secara pasti memang diperlukan pemeriksaan oleh dokter atau orang yang ahli mengenai penyakit. Namun kita juga bisa menduga atau mengira-ngira apa penyebab kesemutan yang kita alami.  Secara umum rasa kesemutan terjadi karena terhimpitnya pembuluh darah yang menyebabkan tidak adanya aliran darah ke bagian tertentu tubuh kita, biasanya pada kaki dan tangan.

Cara Mengatasi Kesemutan

Jika penyakit kesemutan yang dialami masih dalam kategori ringan dan bukan karena kerusakan syaraf atau penyakit, kita bisa mengatasi kesemutan secara mandiri dan tanpa obat. Namun jika sudah cukup parah, harus berkonsultasi dengan dokter ahli. Berikut ini cara mengatasi kesemutan yang ringan dan tanpa obat :
 1.  Kibas-kibaskan pergelangan tangan.
Cara ini merupakan upaya melancarkan peredaran darah yang akan bisa mengatasi rasa kesemutan pada tangan.
  2. Pertemukan semua jemari (dengan posisi saling silang), lalu luruskan kedua siku dan tarik kedua tangan ke atas sejajar bahu Anda. Bisa juga, dalam posisi jari sama, Anda rentangkan kedua tangan ke atas, lalu turunkan ke bawah. Atau, dari atas turunkan kedua tangan ke samping kiri dan kanan bergantian.
 3. Rendam tangan dalam air dingin, lalu pindahkan ke air hangat, kemudian kembali ke air dingin lagi.

4. Posisikan tangan anda pada posisi yang nyaman.
5. Untuk kesemutan biasa yang disebabkan karena gangguan fungsi pada syaraf bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin seperti vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin-vitamin tersebut akan membantu memperbaiki fungsi-fungsi syaraf dan membantu melancarkan metabolisme tubuh.

6. Hindari posisi tubuh yang menekan syaraf dan peredaran darah. Misalnya menonton tv sambil tiduran, atau menulis di lantai sambil tengkurap. Bila ingin menulis sebaiknya duduklah di kursi dengan bokong merapat ke belakang dan punggung lurus menempel pada sandaran. Bila diperukan, cobalah pilih kursi ergonomis

Itulah beberapa penyebab kesemutan pada tangan dan kaki  serta bagaimana cara mengatasi kesemutan tersebut. Semoga bermanfaat.


0 Response to " Cara Mengatasi Kesemutan "

Post a Comment