Ini Cara Mencegah Penyakit Flu Saat Hujan

cara-mencegah-flu
CARA MENCEGAH FLU SAAT HUJAN -- Musim penghujan sudah mulai  datang selain membawa berkah juga ada hal-hal yang perlu diwaspadai. Ada berbagai penyakit yang biasanya akan muncul dan menyerang saat musim penghujan, salah satunya adalah penyakit Flue atau Influensa. Ya wajar saja pada saat musim penghujan terjadi perubahan suhu yang cukup ektrim dari musim kemarau. Pada akhir musim kemarau suhu sangat panas sedangkan pada musim penghujan suhu udara menjadi dingin dan lembab.

Perubahan cuaca yang ektrim inilah yang kerap kali membuat tubuh seseorang atau bahkan juga hewan rentan terserang penyakit. Penyakit yang paling mudah menyerang saat musim penghujan adalah flue. Pada saat seperti ini kekebalan tubuh menurun sehingga influensa atau penyakit flue mudah menyerang. Karena itu untuk mengatasi penyakit flu saat musim penghujan adalah melakukan pencegahan sedini mungkin dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara Mencegah Penyakit Flu

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal datangnya penyakit flu ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi flue di musim penghujan , yaitu:
1. Perbanyak Tidur dan Istirahat
Meski anda memiliki aktivitas yang cukup padat, sempatkan untuk beristirahat atau tidur secara cukup. Perhatikan juga pada saat tidur anda menggunakan selimut yang bisa menghangatkan tubuh anda. Meski anda merasa kuat tidur tanpa selimut, namun tidur memakai selimut akan melindungi tubuh anda dari paparan dinginnya udara.

2. Banyak Minum Jus
Buah-buahan kaya akan vitamin yang sangat penting untuk melindungi tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Buah-buahan yang sudah dibuat jus akan lebih mudah diserap tubuh dibandingkan dimakan biasa, sehingga meminum jus penting untuk mencegah penyakit flu.

3. Tambah Asupan Protein
Dengan menambah jumlah asupan protein setiap hari, maka dapat pula meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu protein juga membuat tenaga Anda lebih besar, dan tak mudah loyo di cuaca dingin ini.

4. Rajin Mencuci Tangan
Seringlah mencuci tangan dengan sabun, untuk mencegah penularan virus. Apalagi jika Anda kerap menyentuh barang-barang di ruang publik, atau sering ke tempat umum yang banyak orang berada di sana.

5. Minum Teh Lemon Madu
Teh lemon madu ternyata memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang untuk mencegah penyakit flu. Cara mudah mendongkrak kekebalan tubuh adalah dengan minum teh dengan perasan jeruk lemon serta sesendok madu di dalamnya. Teh ini tak hanya bisa membuat tubuh hangat, namun juga membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus. Konsumsi tiap pagi dan sore secara rutin.

6. Perbanyak Konsumsi   Mineral
Nutrisi semacam mineral juga penting Anda konsumsi, untuk membuat tubuh jadi lebih kuat. Misalnya bisa diperoleh dari sayur hijau, daging, dan sayur dari biji-bijian.

7. Banyak Minum-minuman Hangat
Minuman hangat sangat bermanfaat untuk melegakan pernafasan. Biasanya jika mulai terserang flu akan ada peradangan disepanjang saluran pernafasan .Jika ada peradangan di saluran pernafasan ini akan terkurangi pada saat kita meminum minuman hangat.

Penyakit flu merupakan penyakit yang biasa kita hadapi, meskipun bukan termasuk penyakit berat namun gangguan penyakit ini benar-benar menyiksa dan mengganggu aktivitas. Namun penyakit flu ini bisa dicegah dan diobati dengan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

0 Response to " Ini Cara Mencegah Penyakit Flu Saat Hujan "

Post a Comment