Tips Cara Mengecilkan Perut Buncit

TIPS MENGECILKAN PERUT BUNCIT --  Memiliki perut buncit terkadang membuat seseorang tidak nyaman dan kurang percaya diri. Lebih repot lagi jika perut buncit ini mengganggu kesehatan dan membahayakan kesehatan. Karena itu sudah selayaknya kita bisa mengatasi dan mengecilkan perut buncit. Pada dasarnya perut buncit disebabkan penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ini terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat.



Beberapa Penyebab Perut Buncit

Perut buncit disebabkan oleh timbunan lemak viseral  pada bagian perut yang menjadikan obesitas di perut. Biasanya perut buncit timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik. Apabila Anda makan terlalu banyak dan kurang berolahraga, Anda akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut.

Selain faktor tersebut penyebab perut buncit  disebabkan oleh keturunan atau riwayat keluarga, kebiasaan merokok, dan stres tinggi juga bisa memicu timbulnya perut buncit. Usia tua dan ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah timbulnya perut buncit.

Kategori perut dikatakan buncit bisa dilakukan dengan melakukan pengukuran lingkar perut anda. Seorang laki-laki dinyatakan menderita obesitas perut apabila lingkar pinggang melebihi 90 cm. Sedangkan pada perempuan, di atas 80 cm.

Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya. Kumpulan lemak viseral di dalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Senyawa-senyawa peradangan disebut juga sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cara Mengecilkan  Perut Buncit

Untuk mengecilkan perut buncit yang dilakukan adalah dengan mengurangi timbunan lemak viseral di dalam perut kita. Memang karena letaknya yang di dalam organ lemak viseral ini relatif sulit dihilangkan dibandingkan lemak subkutan.

Ada beberapa petunjuk yang disarankan untuk mengecilkan perut buncit. Cara yang paling efektif adalah dengan melakukan kombinasi antara diet makanan dan olahraga secara benar. Meski demikian belum ada cara yang sangat efektif mengecilkan perut buncit. Namu  kombinasi olahraga dan diet makanan akan membantu mengurangi jumlah lemak dalam tubuh.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah sebagai berikut:

1. Memperhatikan pola makan.
Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan asupan kalorinya. Untuk meminimalisasi lemak pada perut, Anda perlu mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Konsumsi kalori setidaknya dikurangi 500-1000 kalori per hari dari total kebutuhan. Kurangi karbohidrat dan mulai mengonsumsi banyak sayuran, buah, produk susu rendah lemak, produk biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

2. Melakukan Banyak Aktivitas Fisik
Kurangnya aktivitas dapat membuat Anda kesulitan mengecilkan perut buncit. Aktivitas  fisik bisa dengan olahraga sevara rutin atau kegiatan-kegiatan lain misalnya berkebun, menyapu halamman dan lain sebagainya. Kegiatan olahraga juga tidak harus olahraga yang berat. Misalnya saja anda bisa mencoba rutin berjalan kaki atau yoga.

3. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup juga dapat membantu mengecilkan lemak pada perut. Lemak jaringan pada tubuh dapat berkurang jika tidur setidaknya 6-7 jam.

4. Menghndari Stress
Hindari stres karena dapat memicu perut buncit. Apabila Anda memiliki masalah, cobalah bermeditasi, lakukan relaksasi, dan berbincanglah dengan orang terdekat Anda.

5. Mengurangi/Berhenti Minum Alkohol
Jika anda sering mengkonsumsi alkohol, segera hentikan karena minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit. Selain itu alkohol tidak baik untuk kesehatan.

Mengecilkan perut buncit pada dasarnya butuh ketelatenan dan konsistensi dalam melakukannya. Dengan upaya-upaya kombinasi dari asupan makanan dan aktivitas fisik serta pola hidup kita bisa mengecilkan perut buncit tanpa obat-obatan.

0 Response to " Tips Cara Mengecilkan Perut Buncit "

Post a Comment