Ini Daftar Virus Komputer Paling Berbahaya

DAFTAR VIRUS KOMPUTER PALING BERBAHAYA -- Disadari atau tidak dalam era Internet ini kita sebenarnya dihadapkan pada permasalahan besar yaitu virus komputer. Tidak hanya komputer saja sebenarnya yang bisa diserang oleh virus tetapi perangkat-perangkat lain seperti handphone dan smartphone. Akibat dari Virus komputer ini tidak sedikit orang atau perusahaan yang dirugikan.

Mode penyebaran viruspun sangat bervariasi dari mulai yang memanfaatkan kelalaian pengguna komputer atau bahkan memang sengaja mencari celah. Memang program komputer selalu ada saja celah yang bisa dimasuki virus. Pelaku penyebar virus komputerpun ada berbagai macam motivasi dari mulai iseng, membantu mencari kelemahan suatu sistem, mencari keuntungan sampai tindakan kriminal.

Terlepas dari apa motivasi pembuat virus dan seberapa dampaknya, tentunya kita harus waspada terhadap penyebaran virus tersebut. Kita harus melakukan langkah preventif penyebaran virus. Perlu juga diketahui daftar virus komputer paling berbahaya yang ada.

Berikut ini adalah daftar virus komputer paling berbahaya:
1. Skulls.A Trojan

Virus Skulls.A Trojan ini adalah virus yang menyerang perangkat mobile yang berjalan di OS Symbian yang sempat menguasai pasar perangkat mobile.
Gempar di tahun 2004, virus ini mampu menyerang sistem dengan unduhan aplikasi yang terlihat tidak berbahaya. Sekali terjangkit ponsel akan tidak berfungsi kecuali telepon. Selain itu, semua ikon akan berubah jadi tengkorak dan tulang bersilang.

2. Sircam
Sircam adalah pertama kalinya muncul sebuah virus yang kini kita kenal sebagai Malware. Virus ini menyerang file Microsoft Office secara acak di komputer yang terjangkit. Hal ini membuat kerusakan yang dihasilkan virus ini cukup parah.

Sekali terinstal ke sistem, virus bekerja seperti 'surat berantai' yang bisa mengirim dirinya sendiri ke daftar kontak yang dimiliki komputer terjangkit. Sebuah analisis yang dilakukan University of Florida menyebutkan bahwa untuk memberantas virus Sircam ini, butuh dana kira-kira 3 miliar Dollar.

3. Melissa
Salah satu virus yang punya dampak kerusakan massal di era komputer modern, virus bernama Melissa ini adalah virus yang heboh di tahun 1999. Selain merusak, satu hal yang paling terkenal dari virus ini adalah bagaimana ia menyebar dengan sangat cepat. Hal ini dikarenakan virus ini bisa mengirim diri sendiri di 50 alamat pertamadi Outlook komputer yang terjangkit.

Tercatat, 20 persen komputer di dunia terjangkit virus ini dengan estimasi kerugian 80 juta Dollar. Pembuat virus ini, David L. Smith, ditangkap FBI dan mendekam dalam jeruji besi ditambah denda tinggi.

4. MyDoom
Ini adalah virus yang populer di tahun 2004, serta menyebar dengan super cepat. Di samping kecepatannya dalam penyebaran, kerusakan sistem yang dihasilkan berdampak hingga prosesor.

Virus jenis "worm" ini terkenal dengan membuat komputer jadi 'lemot', dan ini terjadi secara global. Virus inilah yang membuat jatuh nama baik Microsoft, sebagai sistem operasi yang rentan virus. Virus ini sendiri tak bisa 'diusir' oleh software anti-virus apapun.

5. Zeus
 Munculnya virus Zeus menandai hadirnya virus sebagai tindak kejahatan, yakni untuk merampok. Zeus yang merupakan produk dari kejahatan yang terorganisir, membuat infeksi malware di komputer personal seseorang, yang akan menggunakan phising dan keylogging protocol untuk mencuri detil dari online banking seseorang, lalu mengosongi rekeningnya.

Setelah pelakunya tertangkap, total 70 juta dollar telah dicuri dari berbagai rekening bank nasabah yang komputernya terkena phising.

6. Storm Trojan
Makin canggih jaringan komputer, hacker pendesain virus pun makin canggih kemampuannya. Seperti Storm Trojan yang merupakan virus canggih yang tak seberapa punya dampak merusak selain hanya sekedar mengganggu.

Virus ini didistribusikan melalui email berisi malware di tahun 2007 silam, dan berakhir menjangkit 8 persen komputer secara global. Virus ini berhasil membuat jaringan botnet pada 10 juta komputer sebelum akhirnya dihancurkan. Yang jadi masalah, menghancurkan virus ini ternyata sangat sulit karena virus ini didesain untuk mengubah sendiri kodenya tiap 10 menit.

7. Malware WhatsApp

 Informasi detil tentang mobile banking Anda bisa dengan mudah dicuri oleh hacker dengan bantuan Malware virus, lewat sebuah aplikasi yang selalu kita gunakan: WhatsApp.
Cara melakukannya adalah dengan menyusupi para pengguna WhatsApp dengan sebuah virus mobile yang didistribusikan lewat sebuah dokumen Word via chat WhatsApp. Masalahnya adalah, dokumen Word ini nampak sangat asli dan pengguna akan sangat mudah pula terkecoh.

Sekali buka, dokumen ini mampu menyedot informasi sensitif berupa data personal dan juga berbagai informasi akun perbankan yang tersimpan di smartphone kita.

Lebih buruk lagi, virus ini seringkali juga dikemas dalam bentuk file PDF atau dokumen Excel secara sangat meyakinkan.

0 Response to " Ini Daftar Virus Komputer Paling Berbahaya "

Post a Comment