Mengobati Diabetes Dengan Sirih Merah

manfaat-sirih-merah
MENGOBATI DIABETES DENGAN SIRIH MERAH -- Tanaman sirih memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Selain itu tanaman sirih memiliki beragam variasi jenisnya, salah satunya adalah tanaman sirih merah. Salah satu manfaat sirih merah adalah bisa mengobati penyakit diabetes. Penyakit diabetes atau juga dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan penyakit yang kini banyak menjangkiti kehidupan orang modern. Penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kadar insulin ini , mengharuskan penderitanya harus disuntikkan insulin secara periodik. Namun ternyata penyakit diabetes bisa bisa diobati dengan tanaman sirih merah.Karena itu banyak orang kini menanam tanaman sirih merah di pekarangan rumah mereka.



Mengapa Sirih Merah Bisa Mengobati Diabetes ?

Mengobati penyakit diabetes dengan tanaman sirih merah telah dilakukan oleh beberapa ahli tanaman herbal. Dalam penelitian pada tanaman sirih merah terkandung beberapa senyawa seperti tannin, alkaloid, saponin dan flavanoid. Senyawa-senyawa inilah yang dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah atau dikatakan memiliki aktivitas hipoglikemik. Karena kemampuan hipoglikemik inilah, orang yang mengkonsumsinya dapat menjaga kadar gula dara agar tetap stabil.

Selain bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes tanaman sirih merah juga sangat bermanfaat sebagai anti mikroba dan berfungsi sebagai anti virus dan anti bakteri.  Hal ini disebabkan karena pada tanaman sirih merah terkandung tannin dan saponin.  Dengan demikian jika seseorang rajin mengkonsumsi tanaman sirih merah, selain bisa mengobati diabetes kekebalan tubuh akan meningkat sehingga menunjang pengobatan diabetes.

Cara Mengobati Diabetes Dengan Sirih  Merah

Sudah jelas bahwa sirih merah memiliki manfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Selanjutnya bagaimana cara mengobati diabetes dengan sirih merah ini? Karena banyak manfaat dari sirih merah untuk mengobati diabetes ini sudah banyak diketahui, saat ini sudah banyak ekstrak sirih merah yang sudah tersedia. Anda bisa mengkonsumsi ekstrak sirih merah sesuai dengan anjuran yang tertera.

Namun jika anda menginginkan mengobati diabetes dari tanaman sirih merah yang belum berbentuk ekstrak, bisa menggunakan daun sirih merah segar. Cara membuat obat diabetes dengan sirih merah adalah dengan membuat rebusan daun sirih merah sekitar 200 gram dengan air 1 liter air. Rebus daun sirih merah tersebut hingga mendidih dan air tinggal tersisa kurang lebih 100 ml.  Selanjutnya rebusan sirih merah tersebut diminum sehari sekali, hingga manfaat rebusan sirih merah dirasakan pada penyakit diabetes.

Penyakit diabetes memang menjadi penyakit yang cukup menjadi momok bagi banyak orang. Namun ternyata penyakit diabetes bisa diobati dengan tanaman yang ada di sekitar kita, salah satunya adalah tanaman sirih merah. Nah selain bermanfaat sebagai tanaman hias, tanaman sirih merah ternyata kaya akan manfaat mengobati penyakit diabetes.Semoga sehat.

0 Response to " Mengobati Diabetes Dengan Sirih Merah "

Post a Comment