Cara Mencegah Penyakit Diabetes

mencegah-diabetes
CARA MENCEGAH PENYAKIT DIABETES -- Penyakit diabetes telah menjadi satu penyakit yang sangat populer dan menghinggapi penduduk Indonesia dan dunia. Bahkan untuk Indonesia, penderita penyakit diabetes ini cukup tinggi. Indonesia sendiri menduduki peringkat kelima dunia untuk jumlah penderita diabetes. Orang yang terkena diabetes biasanya akan menderita komplikasi penyakit lain. Namun penyakit diabetes sebenarnya bisa dicegah sejak dini. Mencegah penyakit diabetes bisa dilakukan dengan melakukan olahraga yang teratur dan pengaturan pola makan dengan baik.



Meski cara mencegah penyakit diabetes itu sangat sederhana, namun sangat disayangkan banyak orang enggan untuk melakukannya.  Menurut Ketua Jakarta Diabetes Meeting 2014, Dante S Herbuwono , olahraga dan menjaga pola makan sangatlah penting untuk mencegah penyakit diabetes.

Menurut Dante, orang yang berisiko diabetes itu adalah orang yang obesitas. Jadi olahraga dan mengatur pola makannya supaya enggak obesitas," ujar Dante dalam diskusi di Jakarta, Jumat (19/12/2014).
Dokter spesialis penyakit dalam ini mengatakan, obesitas atau kelebihan berat badan adalah orang-orang yang memiliki timbunan lemak di tubuhnya. Timbunan lemak yang hanya ada di bagian perut pun berisiko diabetes karena bisa menyebabkan resistensi insulin.

Dante percaya, jika isu olahraga dan mengatur pola makan terus digalakkan, maka dapat menurunkan angka diabetes di Indonesia."Angka diabetes bisa turun kalau kita menyisikan waktu untuk olahraga. Olahraga 1 sampai 2 jam sehari supaya enggak diabetes. Let's go to slim," imbuh Dante.
Tidak adanya waktu sering  kali dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Menurut Dante, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga dan menjaga pola makan tak hanya mencegah diabetes, tetapi juga penyakit lainnya karena membuat tubuh sehat.

Nah , Meski penyakit diabetes sangat menyeramkan, namun sebenarnya kita bisa mencegah penyakit diabetes semenjak dini. Dengan melakukan olahraga yang teratur dan mengatur pola makan secara teratur, kita bisa mencegah penyakit diabetes.

0 Response to " Cara Mencegah Penyakit Diabetes "

Post a Comment