Ini Keunggulan Kurikulum 2013 Menurut Guru

KEUNGGULAN KURIKULUM 2013 -- Kontroversi mengenai penerapan kurikulum 2013 yang kemudian dihentikan semakin ramai. Meski sebagian disambut gembira oleh beberapa kalangan, namun juga disesalkan terutama oleh Mantan Menteri Pendidikan M Nuh. Beberapa permasalahan yang masih menyelimuti penerapan kurikulum 2013 menjadi alasan penghentian Kurikulum 2013. Namun seperti yang dirasakan beberapa guru dan pendidik, ternyata penerapan kurikulum 2013 memiliki nilai positif. Ada keunggulan dari Kurikulum 2013 yang sudah diterapkan.

Nilai keunggulan dari penerapan kurikulum 2013 ini adalah pada pada sikap yang lebih baik.  Menurut pengamatan Staf Kurikulum SMP Suluh Jakarta, Juriani Almaida, SPd,  Sikap siswanya terlihat berubah. Setiap guru menyampaikan aspek-aspek penilaian yang dibutuhkan, perilaku-perilaku yang semestinya diterapkan siswa dalam kelas.

Dengan adanya penilaian sikap, anak-anak menjadi belajar berperilaku lebih baik. Kalau di kurikulum sebelumnya, KTSP, penilaian sikap itu tidak ada rubriknya. Ketika ada rubriknya, anak pun jadi lebih aware (peduli)," sambung dia. Juriani juga menyebut Kurikulum 2013 memberi siswa kesempatan membuat penilaian secara jujur terhadap dirinya.

Anak-anak juga diberikan kesempatan menilai dirinya sendiri, lalu penilaiannya di-cross check (diuji ulang) kepada temannya. Guru lalu menilai kejujuran siswa di situ. Ada perubahan sikap pada siswa yang semula tidak jujur menjadi jujur," kata dia.

Penerapan kurikulum 2013 ternyata memiliki nilai positif dan keunggulan. Keunggulan dari penerapan kurikulum 2013 membuat sikap dan perilaku siswa didik menjadi lebih baik. Namun semuanya perlu persiapan dan pelaksanaan yang baik dan konsisten. (#kompas).

0 Response to " Ini Keunggulan Kurikulum 2013 Menurut Guru "

Post a Comment