Budi Gunawan Calon Kapolri Tunjukan Jokowi

budi-gunawan
BUDI GUNAWAN CALON KAPOLRI JOKOWI -- Presiden Jokowi menunjuk Calon Kapolri Tunggal  Komisaris Jenderal Budi Gunawan untuk diajukan ke DPR. Keputusan  pengusulan Budi Gunawan ini menuai kontroversi dari berbagai kalangan. Para pendukung Jokowi tentunya mendukung keputusan ini, termasuk Angung Laksono Politisi Partai Golkar. Namun tidak sedikit yang mempermasalahkan penunjukan Budi Gunawan  sebagai Calon tunggal Kapolri. Beberapa kalangan menyayangkan penunjukan Budi Gunawan yang tidak melibatkan KPK dan PPATK, seperti yang dilakukan dalam penyusunan Kabinet.

Pendapat keberatan pencalonan Budi Gunawan diungkapkan Direktur Advokasi Pusat Studi Anti-Korupsi Universitas Gadjah Mada Oce Madril mengatakan keputusan Presiden Joko Widodo mencalonkan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia mengecewakan.

Oce menjelaskan, dugaan kepemilikan rekening tak wajar milik Budi Gunawan memang pernah diklarifikasi Mabes Polri. Pemeriksaan itu berakhir pada kesimpulan bahwa dana dalam rekening tersebut berasal dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan.

Sedangkan Emerson Yuntho dari ICW  bahkan menggagas petisi yang mendorong Jokowi agar melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam menyeleksi calon kepala Polri. Petisi ini dibuat pada Jumat (9/1/2015) sore.

Dalam petisi tersebut, Emerson menyampaikan adanya kerisauan publik mengenai nama-nama calon Kapolri yang diduga memiliki rekening gendut. Untuk itu, menurut dia, Presiden Jokowi perlu melibatkan KPK dan PPATK dalam memberi masukan mengenai rekam jejak para calon kepala Kepolisian RI.

Profil Mayjen Budi Gunawan

Berikut ini Adalah Profil Mayjen Budi Gunawan, yang diajukan Jokowi sebagai Calon tunggal Kapolri:
-  Lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 11 Desember 1959
- Lulusan terbaik Akpol 83
-    Ajudan Presiden RI Megawati Soekarnoputri (2001-2004)
 -  Karobinkar SSDM Polri (2004-2006)
  - Kaselapa Lemdiklat Polri (2006-2008)
   - Kapolda Jambi (2008-2009)
   - Kadiv Binkum Polri (2009-2010)
    - Kadiv Propam Polri (2010-2012)
    - Kapolda Bali (2012)
    - Kalemdiklat Polri (2012 )

0 Response to " Budi Gunawan Calon Kapolri Tunjukan Jokowi "

Post a Comment